Home  >  Press Release  >  PDSI Membantu Dusun Prabumulih: Dari Sampah Menjadi Rupiah

PDSI Membantu Dusun Prabumulih: Dari Sampah Menjadi Rupiah

clip_image002Prabumulih, PDSI.- Siang hari yang terik itu ternyata tak menghalangi masyarakat Dusun Prabumulih untuk berbondong-bondong menuju lapangan sekitar pemukiman warga sambil tangan kiri dan kanan menenteng karung-karung sampah dan barang tak berguna lagi. Anak kecil dan orang dewasa tumpah ruah di lapangan itu untuk menyaksikan proses penerimaan, penimbangan dan pencatatan yang dilakukan para Kader Lingkungan setempat. Mulai dari yang berjalan kaki, naik sepeda, becak, hingga mengantarkan sampah menggunakan angkot, dilakukan oleh warga setempat dengan gembira. Bukti bahwa para kader yang terdiri dari anak-anak muda setempat telah mampu menyadarkan warga masyarakat untuk bersih lingkungan, yang atas bimbingan PDSI mendirikan Bank Sampah “Duspra”. Menurut salah satu kader, Zaenab, Duspra itu adalah akronim dari Dusun Prabumulih. Namun Duspra juga bermakna lain, yaitu “Dulu Sampah Sekarang Rupiah Berkah”. Tingginya antusiasme warga ini ditunjukkan juga dengan adanya kesediaan warga untuk merelakan salah satu bagian rumahnya menjadi Posko Bank Sampah Duspra. Juga lahan seluas 6 x 4 meter menjadi green house tempat dibudidayakannya hidroponik dengan memanfaatan pupuk dari olahan sampah warga masyarakat setempat.

Program Bank Sampah di Prabumulih ini adalah salah satu implementasi program CSR yang dilakukan PDSI, menyusul beberapa program yang telah dinikmati masyarakat sebelumnya. Bank sampah ini bukanlah yang pertama, tapi Insya Allah adalah yang terbaik,”demikian antara lain disampaikan Public Relation Ast. Manager PDSI Budhi Kristianto, saat peresmian Bank Sampah Duspra di Prabumulih, Sabtu (12/11). Hanya dalam waktu satu bulan, nasabah Bank Sampah Duspra telah tercatat 88 orang dengan tingkat antusiasme sangat tinggi. Kerjasama yang terjalin dengan Pusat Bank Sampah di kota itu juga telah terjalin baik, sehingga tidak sulit untuk mencari penampung sampah yang disetor nasabah. Beberapa kunjungan studi banding baik dari universitas maupun lembaga dan perorangan terus mengalir berdatangan ke Bank Sampah Duspra ini.

Walikota Prabumulih yang diwakili oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Dwi Koryana menyatakan apresiasinya, karena program CSR yang dijalankan PDSI di Prabumulih ini sangat membantu program Pemerintah dalam mengatasi masalah sampah perkotaan. “Sinergi program yang diimplementasikan perusahaan-perusahaan di Prabumulih seperti ini benar-benar sangat bermanfaat tidak hanya bagi kehidupan masyarakat setempat, namun juga bagi lingkungan,”ujarnya.

Lebih lanjut Dwi mengatakan bahwa Pemkot Prabumulih juga rutin mengadakan aksi pungut sampah setiap hari-hari besar, serta program pengundian hadiah sepeda motor bagi nasabah Bank Sampah. "Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi masyarakat agar selalu meningkatkan kesadaran untuk hidup bersih dan sehat, bahkan dapat membantu peningkatan pendapatan rumah tangga, “pungkasnya.-bk122016

Tambahkan Komentar





  • Komentar
  • Preview
Loading